Senin, 17 Januari 2011

Amtsilati untuk Semua


Beginilah suasana saat santri Amtsilati bersiap menghadapi ujian lisan dan tulis

Pelatihan Amtsilati dilaksanakan seminggu 3 kali: pada hari Sabtu sore, Minggu pagi, dan Minggu sore di aula Rusunawa. Dua minggu terahir ini para peserta pelatihan lagi sibuk-sibuknya melaksanakan ujian. Ujian Amtsilati dilaksanakan setelah mereka menghatamkan jilid 1 dan jilid 2. Hasil ujian tersebut akan dijadikan pertimbangan layak atau tidaknya peserta melanjutkan Amtsilati jilid 3.

Ujian Amtsilati dilaksankan dalam 2 tahap. Pertama, peserta ujian harus menyetorkan Khulasoh Alfiyah yang telah dipelajari, serta menjelaskan maknanya, kemudian disusul dengan uji-an tulis yang terdiri dari beberapa soal yang harus dijawab. Hasil ujian akan menentukan lulus atau tidaknya peserta. Bagi peserta ujian yang tidak lulus, bisa mengulang ujian sampai tiga kali. Jika tiga kali ujian masih tidak lulus, peserta wajib mengu-lang pelajarannya.

Para peserta Amtsilati mengikuti pelatihan dengan sangat antusias dan penuh semangat. Menurut Ust. Rosyid selaku pengajar Amtsilati, program Amtsilati ini tidak ada unsur pemaksaan, tetapi atas kesadaran peserta sendiri.

Sejauh ini, peserta Amtsilati kurang lebih 15 orang. Pelatihan Amstilati ini sudah berjalan sekitar 2 bulan atau 24 pertemuan. Sebagai pengajar, Ust. Rosyid menggagas untuk membentuk kepengurusan Amtsilati yang terdiri dari ketua, wakil, sekre-taris, bendahra, bagian pengajaran, dan bagian informasi.

Rencananya, Amstilati ini akan dibuka untuk umum. Bukan hanya mahasantri yang tinggal di Rusunawa saja yang bisa mengikuti pelatihan Amtsilati, tapi diharapkan seluruh mahasiswi IIQ yang tinggal di Ma’had Takhassus IIQ Jakarta dapat mengi-kuti pelatihan ini.[mi_cute&Indee]

1 komentar:

MAHASISWA BERDIKARI mengatakan...

Semoga Allah senantiasa memberikan kecintaan belajar ilmu Agama kepada siapa saja yang dikehendaki. Amin.

Poskan Komentar

 
;